Menurut Konsepsional :
- Komunikasi melalui media massa pada dasarnya ditujukan kepada khalayak yang luas, heterogen, anonim, tersebar , serta tidak mengenal batasan geografis-kultural.
- Bentuk kegiatan Komunikasi melalui media massa bersifat umum, bukan perorangan atau pribadi. Isi pesan yang disampaikan menyangkut kepentingan orang banyak.
- Pola penyampaian pesan media massa berjalan secara cepat dan mampu menjangkau khalayak luas, bahkan mungkin tidak terbatas baik secara geografis maupun kultural.
- Penyampaian pesan melalui media massa cenderung satu arah. Umpan Balik atau tanggapan dari pihak penerima khalayak lazimnya berlangsung scara tertunda.
- Kegiatan komunikasi melalui media massa dialkukan secara terencana, terjadwal dan terorganisir. Komunikator pada media massa bekerja melalui aturan organisasi dan pembagian kerja yang jelas.
- Penyampaian pesan melalui media massa dilakukan secara berkala, tidak bersifat temporer.
- Isi pesan yang disampaikan melalui media massa dapat mencakup berbagai aspek kehidupan manuisa (soial, ekonomi, politil budaya dll).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar