maricaridisini photo maricaridisini.png

Kamis, 03 April 2014

BENTUK-BENTUK MEDIA MASSA


A. Surat kabar
Koran berasal dari bahasa Belanda, yaitu krant dan bahasa Perancis, yaitu courant. Koran atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.
Menurut Agee, surat kabar memiliki tiga fungsi utama dan fungsi sekunder  yaitu :
1.      to inform (menginformasikan kepada pembaca secara objektif tentang apa yang terjadi dalam suatu komunitas, negara dan dunia,
2.      to comment (mengomentari berita yang disampaikan dan mengembangkannya ke dalam fokus berita,
3.      to provide (menyediakan keperluan informasi bagi pembaca yang membutuhkan barang dan jasa melalui pemasangan iklan di media.

Fungsi Sekunder media adalah :
  1.  untuk mengkampanyekan proyek-proyek yang bersifat kemasyarakatan, yang diperlukan sekali untuk membantu kondisi-kondisi tertentu 
  2. memberikan hiburan kepada pembaca dengan sajian cerita komik,kartun dan cerita-cerita khusus,
  3. melayani pembaca sebagai konselor yang ramah, menjadi agen informasi dan memperjuangkan hak.


Karakteristik Surat Kabar
a)      Publisitas
Publisitas atau publicity adalah penyebaran pada public atau khalayak (Effendy,  1981:98).

b)      Periodesitas
Periodesitas menunjuk pada keteraturan pada terbitnya, bisa harian, mingguan, atau dwi mingguan. Sifat periodesitas amat penting dimana kebutuhan manusia akan informasi sama halnya dengan kebutuhan primer lainnya. Selama kehidupan itu ada selama itu pula surat kabar ada.

c)      Universalitas
Universalitas menunjuk pada kesemastaan isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia meliputi seluruh aspek kehidupan manusia.

d)     Aktualitas
Aktualitas adalah menunjuk pada keadaan yang ”kini” dan ”sebenarnya”.

e)      Terdokumentasikan
Dari berbagai fakta yang disajikan surat kabar dalam bentuk artikel atau berita, dapat dipastikan ada beberapa diantaranya yang oleh pihak-pihak tertentu dianggap penting untuk diarsipkan atau kliping. Untuk meyerap isinya, pembaca dituntut bisa membaca memiliki kemampuan intelektualitas tertentu.

B. Majalah
Majalah adalah penerbitan berkala yang berisi bermacam-macam artikel dalam subyek yang bervariasi. Majalah biasa diterbitkan mingguan, dwimingguan atau bulanan. Majalah biasanya memiliki artikel mengenai topik populer yang ditujukan kepada masyarakat umum dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Publikasi akademis yang menulis artikel padat ilmu disebut jurnal.

Menurut Dominick, klasifikasi majalah dibagi kedalam lima kategori utama, yakni:
1.      General consumer magazine
Konsumen majalah ini siapa saja, mereka dapat membeli majalah tersebut di sudut-sudut outlet, mall, supermall atau toko buku lokal.

2.      Business Publication
Melayani secara khusus informasi bisnis, industri atau profesi

3.      Literacy reviews and academic journal
Terdapat ribuan nama majalah kritik sastra dan majalah ilmiah, yang pada umumnya memiliki sirkulasi dibawah 10 ribu, dan banyak diterbitkan oleh organisasi nonprofit, universitas, yayasan atau organisasi profesional.

4.      Newsletter
Media ini dipublikasikan dengan bentuk khusus, 4-8 halaman dengan perwajahan khusus pula.

5.      Public relations magazines
Majalah PR ini diterbitkan oleh perusahaan, dan dirancang untuk sirkulasi pada karyawan perusahaan, agen, pelanggan dan pemegang saham.

Fungsi Majalah
Fungsi majalah mengacu pada sasaran khalayak yang spesifik. Majalah dengan topic atau kategori tertentu mempunyai spesialisasi sasaran pembeli dan pembaca yang dikehendaki.

Karakteristik Majalah
Majalah media yang paling simple organisasinya, relatif lebih mudah mengelolanya, serta tidak membutuhkan modal yang banyak. Majalah tetap dibedakan dengan surat kabar karena majalah memiliki karakteristik tersendiri :
1.      Penyajian lebih dalam

2.      Nilai aktualitas lebih lama

3.      Gambar / foto lebih banyak

4.      Cover sebagai daya tarik



C. Radio
Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan radio siaran :
1.      Daya Langsung
Daya langsung radio berkaitan dengan proses penyusuna dan penyampaian pesan yang  relative cepat.

2.      Daya tembus
Melalui benda yang kecil yaitu radio kita dapat mendengarkan siaran langsung dari BBC di London atau ABC di Australia.

3.      Daya tarik
Daya tarik ini disebabkan sifatnya yang serba hidup berkat tiga unsure yang ada pada radio yaitu music, kata-kata dan efek suara.


Karakteristik Radio
Pada Radio siaran terdapat cara tersendiri, yakni apa yang disebut radio siaran style atau gaya radio siaran. Gaya radio siaran ini disebabkan oleh sifat radio siaran yang mencakup :
·         Imanjinatif                  : Karena hanya indra pendengaran yang digunakan oleh khalayak,  dan   pesannya pun selintas, maka radio siaran dapat mengajak kounikannya untuk berimajinasi.
·         Auditori                      : untuk didengar
·         Akrab                          : Sifat radio siaran yang lainnya adalah akrab atau intim
·         Gaya Percakapan        : ”keep it simple, short, and conversational”
·         Menjaga mobilitas       : Kita jarang mendengarkan acara radio siaran dengan cara duduk    mendekatkan telinga pada pesawat radio

D. TELEVISI
Televisi merupakan media dominan komunikasi massa di seluruh dunia dan sampai sekarang masih terus berkembang. Dari semua media massa, televisilah yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia. Televisi dijejali hiburan, berita dan iklan. Mereka menghabiskan waktu menonton televisi sekitar tujuh jam dalam sehari.

Fungsi televisi
Memberikan informasi, menghibur dan membujuk. Tetapi fungsi menghibur lebih dominan pada media televisi. Tujuan utama khalayak menonton televisi adalah untuk memperoleh hiburan, selanjutnya untuk memperoleh informasi.

Karakteristik televisi
Ditinjau dari stimulasi alat indera, dalam radio siaran, surat kabar dan majalah hanya satu alat indera yang mendapat stimulus, namun pada televisi, indera yang bereaksi lebih banyak yaitu
1.      Audiovisual
2.      Berpikir dalam gambar
3.      Pengoprasian lebih kompleks

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan
Pesan yang akan disampaikan melalui media televisi, memerlukan pertimbangan-pertimbangan lain agar pesan tersebut dapat diterima oleh khalayak sasaran. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah
1.      Pemirsa
2.      Waktu
3.      Durasi
4.      Metode penyajian



E. FILM
Film adalah gambar-hidup, juga sering disebut movie (semula pelesetan untuk 'berpindah gambar'). Film, secara kolektif, sering disebut 'sinema'. Gambar-hidup adalah bentuk seni, bentuk populer dari hiburan, dan juga bisnis. Film dihasilkan dengan rekaman dari orang dan benda (termasuk fantasi dan figur palsu) dengan kamera, dan/atau oleh animasi.

Fungsi film
Khalayak menonton film terutama untuk hiburan. Akan tetapi dalam film terkandung fungsi informatif maupun edukatif, bahkan persuasif. Film nasional dapat digunakan sebagai media edukasi untuk pembinaan generasi muda dalam rangka nation and character building. Fungsi edukasi dapat tercapai apabila film nasional memproduksi film-film sejarah yang objektif atau film dokumenter dan film yang diangkat dari kehidupan sehari-hari secara berimbang.

Faktor-faktor yang dapat menunjukkan karakteristik film adalah  :
1.      Layar yang luas/ lebar

2.      Pengambilan gambar

3.      Konsentrasi Durasi

4.      Identifikasi psikologis

Jenis-jenis film
Bagi seorang komunikator adalah penting untuk mengetahui jenis-jenis film agar dapat memanfaatkan film tersebut sesuai dengan karakteristiknya. Film dapat dikelompokkan :
1.      Film cerita
2.      Film Berita
3.      Film Kartun
4.      Film documenter


F. Komputer dan Internet
Menurut Laquey, internet merupakan jaringan longgar dari ribuan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Misi awalnya adalah sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat keras menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif. Saat ini internet telah tumbuh menjadi sedemikian besar dan berdaya sebagai alat informasi dan komunikasi yang tak dapat diabaikan. Internet digunakan sebagai sarana untuk memperoleh berita atau informasi.

Fungsi Internet
-          Berita/ Informasi
-          Hiburan
-          Komunikasi
-          Jejaring social

Tidak ada komentar:

Posting Komentar