A. Surat kabar
Koran berasal
dari bahasa Belanda, yaitu krant dan bahasa Perancis, yaitu courant. Koran atau surat kabar adalah suatu
penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya
rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam
berbagai topik.
Menurut Agee, surat kabar memiliki
tiga fungsi utama dan fungsi sekunder
yaitu :
1. to inform
(menginformasikan kepada pembaca secara objektif tentang apa yang terjadi dalam
suatu komunitas, negara dan dunia,
2. to comment (mengomentari
berita yang disampaikan dan mengembangkannya ke dalam fokus berita,
3. to provide (menyediakan
keperluan informasi bagi pembaca yang membutuhkan barang dan jasa melalui
pemasangan iklan di media.
Fungsi Sekunder
media adalah :
- untuk mengkampanyekan proyek-proyek
yang bersifat kemasyarakatan, yang diperlukan sekali untuk membantu
kondisi-kondisi tertentu
- memberikan
hiburan kepada pembaca dengan sajian cerita komik,kartun dan cerita-cerita
khusus,
- melayani pembaca sebagai konselor yang
ramah, menjadi agen informasi dan memperjuangkan hak.
a) Publisitas
Publisitas
atau publicity adalah penyebaran pada public atau khalayak (Effendy, 1981:98).
b) Periodesitas
Periodesitas
menunjuk pada keteraturan pada terbitnya, bisa harian, mingguan, atau dwi
mingguan. Sifat periodesitas amat penting dimana kebutuhan manusia akan
informasi sama halnya dengan kebutuhan primer lainnya. Selama kehidupan itu ada
selama itu pula surat kabar ada.
c) Universalitas
Universalitas
menunjuk pada kesemastaan isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia
meliputi seluruh aspek kehidupan manusia.
d) Aktualitas
Aktualitas
adalah menunjuk pada keadaan yang ”kini”
dan ”sebenarnya”.
e) Terdokumentasikan
Dari
berbagai fakta yang disajikan surat kabar dalam bentuk artikel atau berita,
dapat dipastikan ada beberapa diantaranya yang oleh pihak-pihak tertentu
dianggap penting untuk diarsipkan atau kliping. Untuk meyerap isinya, pembaca
dituntut bisa membaca memiliki kemampuan intelektualitas tertentu.
B.
Majalah
Majalah
adalah penerbitan berkala yang berisi bermacam-macam artikel dalam subyek yang
bervariasi. Majalah biasa diterbitkan mingguan, dwimingguan atau bulanan.
Majalah biasanya memiliki artikel mengenai topik populer yang ditujukan kepada
masyarakat umum dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh
banyak orang. Publikasi akademis yang menulis artikel padat ilmu disebut
jurnal.
Menurut
Dominick, klasifikasi majalah dibagi kedalam lima kategori utama, yakni:
1.
General consumer magazine
Konsumen majalah ini siapa saja,
mereka dapat membeli majalah tersebut di sudut-sudut outlet, mall, supermall
atau toko buku lokal.
2. Business Publication
Melayani secara khusus informasi
bisnis, industri atau profesi
3. Literacy reviews and academic
journal
Terdapat ribuan nama majalah kritik
sastra dan majalah ilmiah, yang pada umumnya memiliki sirkulasi dibawah 10
ribu, dan banyak diterbitkan oleh organisasi nonprofit, universitas, yayasan
atau organisasi profesional.
4. Newsletter
Media ini dipublikasikan dengan
bentuk khusus, 4-8 halaman dengan perwajahan khusus pula.
5. Public relations magazines
Majalah PR ini diterbitkan oleh
perusahaan, dan dirancang untuk sirkulasi pada karyawan perusahaan, agen,
pelanggan dan pemegang saham.
Fungsi Majalah
Fungsi majalah mengacu pada sasaran
khalayak yang spesifik. Majalah dengan topic atau kategori tertentu mempunyai
spesialisasi sasaran pembeli dan pembaca yang dikehendaki.
Karakteristik
Majalah
Majalah media yang paling simple
organisasinya, relatif lebih mudah mengelolanya, serta tidak membutuhkan modal
yang banyak. Majalah tetap dibedakan dengan surat kabar karena majalah memiliki
karakteristik tersendiri :
1.
Penyajian lebih dalam
2.
Nilai aktualitas lebih lama
3.
Gambar / foto lebih banyak
4.
Cover sebagai daya tarik
C. Radio
Radio merupakan
teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik).
Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat
lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan
medium pengangkut (seperti molekul udara).
Faktor-faktor yang
mempengaruhi kekuatan radio siaran :
1.
Daya Langsung
Daya
langsung radio berkaitan dengan proses penyusuna dan penyampaian pesan
yang relative cepat.
2.
Daya tembus
Melalui
benda yang kecil yaitu radio kita dapat mendengarkan siaran langsung dari BBC
di London atau ABC di Australia.
3.
Daya tarik
Daya
tarik ini disebabkan sifatnya yang serba hidup berkat tiga unsure yang ada pada
radio yaitu music, kata-kata dan efek suara.
Karakteristik
Radio
Pada Radio siaran terdapat cara
tersendiri, yakni apa yang disebut radio siaran style atau gaya radio siaran.
Gaya radio siaran ini disebabkan oleh sifat radio siaran yang mencakup :
·
Imanjinatif : Karena hanya indra pendengaran yang digunakan
oleh khalayak, dan pesannya pun selintas, maka radio siaran
dapat mengajak kounikannya untuk berimajinasi.
·
Auditori : untuk didengar
·
Akrab : Sifat radio siaran
yang lainnya adalah akrab atau intim
·
Gaya
Percakapan : ”keep it simple,
short, and conversational”
·
Menjaga
mobilitas : Kita jarang mendengarkan
acara radio siaran dengan cara duduk mendekatkan telinga pada pesawat radio
D.
TELEVISI
Televisi merupakan media dominan komunikasi massa di seluruh
dunia dan sampai sekarang masih terus berkembang. Dari semua media massa,
televisilah yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia. Televisi dijejali
hiburan, berita dan iklan. Mereka menghabiskan waktu menonton televisi sekitar
tujuh jam dalam sehari.
Fungsi
televisi
Memberikan
informasi, menghibur dan membujuk. Tetapi fungsi menghibur lebih dominan pada
media televisi. Tujuan utama khalayak menonton televisi adalah untuk memperoleh
hiburan, selanjutnya untuk memperoleh informasi.
Karakteristik
televisi
Ditinjau dari
stimulasi alat indera, dalam radio siaran, surat kabar dan majalah hanya satu
alat indera yang mendapat stimulus, namun pada televisi, indera yang bereaksi
lebih banyak yaitu
1.
Audiovisual
2.
Berpikir dalam gambar
3.
Pengoprasian lebih kompleks
Faktor-faktor
yang perlu diperhatikan
Pesan yang akan disampaikan melalui
media televisi, memerlukan pertimbangan-pertimbangan lain agar pesan tersebut
dapat diterima oleh khalayak sasaran. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan
adalah
1.
Pemirsa
2.
Waktu
3.
Durasi
4.
Metode penyajian
E.
FILM
Film
adalah gambar-hidup, juga sering disebut movie (semula pelesetan untuk
'berpindah gambar'). Film, secara kolektif, sering disebut 'sinema'. Gambar-hidup
adalah bentuk seni, bentuk populer dari hiburan, dan juga bisnis. Film
dihasilkan dengan rekaman dari orang dan benda (termasuk fantasi dan figur
palsu) dengan kamera, dan/atau oleh animasi.
Fungsi film
Khalayak
menonton film terutama untuk hiburan. Akan tetapi dalam film terkandung fungsi
informatif maupun edukatif, bahkan persuasif. Film nasional dapat digunakan
sebagai media edukasi untuk pembinaan generasi muda dalam rangka nation and
character building. Fungsi edukasi dapat tercapai apabila film nasional
memproduksi film-film sejarah yang objektif atau film dokumenter dan film yang
diangkat dari kehidupan sehari-hari secara berimbang.
Faktor-faktor yang dapat menunjukkan
karakteristik film adalah :
1.
Layar yang luas/ lebar
2.
Pengambilan gambar
3.
Konsentrasi Durasi
4.
Identifikasi psikologis
Jenis-jenis film
Bagi
seorang komunikator adalah penting untuk mengetahui jenis-jenis film agar dapat
memanfaatkan film tersebut sesuai dengan karakteristiknya. Film dapat
dikelompokkan :
1.
Film cerita
2.
Film Berita
3.
Film Kartun
4.
Film documenter
F. Komputer dan
Internet
Menurut
Laquey, internet merupakan jaringan longgar dari ribuan komputer yang
menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Misi awalnya adalah sarana bagi para
peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat keras menjadi
ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif. Saat ini internet telah tumbuh
menjadi sedemikian besar dan berdaya sebagai alat informasi dan komunikasi yang
tak dapat diabaikan. Internet digunakan sebagai sarana untuk memperoleh berita
atau informasi.
Fungsi
Internet
-
Berita/ Informasi
-
Hiburan
-
Komunikasi
-
Jejaring social
Tidak ada komentar:
Posting Komentar